Minggu, 01 November 2020

DEMOKRASI

 PAHAM-PAHAM BARU DI EROPA

 DEMOKRASI

 

a.       Pengertan Demokrasi


 Keterangan gambar : Pemilu


Demokrasi paham dan sistem politik yang didasarkan pada doktrin “power of the people” yakni kekuasaasn dari rakyat, untuk rakyat dan oleh raktat. Bahwa rakyat pemegang kekuasaan tertinggi dalam sistem pemerintahan . demokrasi dipandang lebih baik dari pada sistem lainnya yang terdapat di setiap bangsa dan Negara.

Kata Demokrasi sendiri berasal dari dua kata yaitu demos yang berarti rakyat  dan kratia yang berarti pemerintahan, kekuasaan, atau kdaulatan. Pemerintahan dan kedaulatanberada di rangan rakyat, kekuasaan tertinggi  berasal dalam kepitian bersama rakyat, rakyat  berkuasa, pemerintahan rakyat dan kekuasaasn oleh rakyat.

 

 

 

 

b.      Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

1.  


   

Keterangan Gambar :Abraham Lincoln

Abraham Lincoln

Demokrasi adalah pemerintahan yang berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Berdasarkan asas d

2.      Hans Kelsen

Demokrasi merupakan pemerintahan dari rakyat dan untuk rakyat. Dalam hal ini, wakil-wakil rakyat yang terpilih merupakan pelaksana kekuasaan negara, dimana rakyat telah memiliki keyakinan bahwa segala kehendak serta kepentingan mereka akan selalu diperhatikan dalam pelaksanaan pemerintahan tersebut

3.      Yusuf Qardhawi

Keterangan Gambar : Yusuf Qardhawi

                            Demokrasi yaitu warga masyarakat bisa menunjuk seseorang buat mengurus atau                                    mengatur segala urusan mereka melalui suatu wadah.

 

4.      Hannry B. Mayo

Demokrasi suatu kebijakan umum  atas dasar mayoritas oleh wakil-wakil yang secara efektif diawasi oleh rakyat melalui berbagai macam pemilihan yang berdasarkan pada prinsip kesamaan politik serta diselenggarakan dalam suasana dimana kebebasan politik terjadi.

5.      Samuel Huntington

Demokrasi ada jika para pembuat keputusan kolektif yang paling kuat dalam sebuah sistem terpilih melalui pemilihan umum yang adil, jujur, dan berkala dan di dalam sistem itu para calon bebas bersaing untuk memperoleh suara dan hampir seluruh penduduk dewasa dapat memberikan suara.

 

c.       Perkembangan Demokrasi

1.      Demokrasi di Yunani

Keterangan Gambar : Chleisthenes

                                        Pada masa Yunani melakukan demokrasi langsung (direct democracy). Rakyat                                       Yunani ikut serta dalam segala keputusan yang bersifat politik. Demokrasi                                             Yunani Kuno                             dipengaruhi oleh para filsuf. Para filsuf yang                                             berpengaruh antara lain Chleisdthenes yang membagi Anthena menjadi                             sepuluh                    kelompok. Setiap kelompok memiki demes (pemimpin). Setiap                                     demes        mengutus seorang wakil untuk duduk di majelis.

2.      Demokrasi di Inggris

Inggris sebagai induk sistem parlementer (the mother of parliaments). Parlemen Inggris terdiri atas The Crown (ratu/raja), House of Lord (Majlis Tinggi) dan House of Commons, yang memiliki kekuasaan pemerintahan.

 

3.      Demokrasi di Perancis


Keterangan Gambar :  Montesquieue

                        Baron de La Brede et de Montesquieue tokoh yang berpersan mengembangkan dekorasi                         di Perancis. Pemikirannya tertuang dalam buku Spirits of The Laws yang menjelaskan                                 tentang pemerintahan yang terdapat tiga kekukasaan, yaitu meliputi legeslatif,                                     eksekutif, dan yudikatif. Konsep pembagian kekuasaan ini dikenal dengan Trias                                     Politica.

 

4.      Demokrasi Amerika

Gagasan Amerika Serikat tercantum dalam Declaration of Independence menyebutkan bahwa manusia diciptakan sama dan juga menyatakan bahwa Tuhan menganugrahi beberapa hak diantaranya life, liberty and the persuit of happiness.

 

d.      Pengaruh Demokrasi

Kemunculan demokrasi sejak adanya praktik kolonialisme dan imperalisme bangsa Barat. Bagi Bangsa-bangsa di Asia dan Afrika demokrasi menjadi senjata mereka untuk melawan Kolonialisme dan Imperalisme.

Negara-negara Asia yang menerapkan demokrasi adalah Jepang dan India dan Afrika Selatan . pengaruh demokrasi di India dengan terbentuknya All National India National Congress dan Moeslem League. Kedua organisasi ini mempunyai peran penting dan pengaruh yang kuat dalam kongres rakyat India. Demokrsi dipraktikan pada masa Kaisar Meiji, di bawah kekuasaan Kaisar Meiji kekuasaan dibagi tiga yaitu legeslatif, yudaktif dan eksekutif.

Di Indonesia, erkembangan demokrasi  berkembang sejak 1913 oada saat Indishe Partij dan Serikat Islam mengajukan tuntutan kepada pemerintahan Belanada agar diberi kebebasan menyelenggarakan pertemuan-pertemuan politik dan menyatakan pendapat, memiliki hak pilih, serta menentukan nasib sendiri. Tuntutan tersebut direspon dengan dibentuknya Dewan rkyat (Volkstraad).

Di Afrika Selatan pernah dikecam dunia internasional karena menerapkan politik Apartheid. Apartheid adalah politik pembedaan antara kulit putih dengan kulit hitam#smb#

 

 

_________________________________

Dari Berbagai Sumber

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kerajaan Cirebon