BUTIR SOAL
I.
PILIHAN GANDA |
||
1. |
Secara Etimologis ,Sejarah berasal dari kata
syajaratun yang berasal dari Bahasa Arab yang berarti……… |
|
|
A. |
Pohon |
|
B. |
Ranting |
|
C. |
Cabang |
|
D. |
Dahan |
|
E. |
Akar |
2. |
Dalam penggunaan yang luas,pengertian Sejarah yang
tepat adalah………… |
|
|
A. |
Masa kritis dari kehidupan manusia pada masa lampau |
|
B. |
Peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau |
|
C. |
Silisilah para raja dan dinasti pada masa lalu |
|
D. |
Tahap-tahap perkembangan kebudayaan manusia sejak
masa lampau |
|
E. |
Perkiraan tentang kejadian masa lampau |
3. |
Salah satu Unsur penting dalam peristiwa sejarah
adalah waktu karena |
|
|
A. |
Semua kehidupan didunia ini ditentukan oleh waktu |
|
B. |
Waktu akan membawa peristiwa dalam batasan tertentu |
|
C. |
Kehidupan dan waktu berjalan saling mempengaruhi |
|
D. |
Batasan waktu membuat peristiwa yang terjadi menjadi
lebih baik |
|
E. |
Perjalanan hidup manusia tidak dapat dilepaskan dari waktu |
4. |
Kronologi adalah ilmu bantu sejarah yang
bertujuan……. |
|
|
A. |
Mencari data-data
yang pasti tentang kapan peristiwa itu terjadi |
|
B. |
Membuat urutan waktu dari peritiwa yang telah
terjadi |
|
C. |
Menyusun bukti-bukti yang kuat dari peristiwa masa
lalu |
|
D. |
Menyusun urutan kejadian yang dimulai dengan
peristiwa yang kompleks |
|
E. |
Menetukan dan memilih kejadian-kejadian yang penting |
5. |
Kronologi diperlukan dalam sejarah untuk menghindari
anakronisme,yaitu,,,,,, |
|
|
A. |
Ketidaktepatan dalam waktu |
|
B. |
Waktu yang tidak berkesinambungan |
|
C. |
Kerancuan waktu dalam sejarah |
|
D. |
Ketidaktepatan urutan |
|
E. |
Waktu yang runtut |
6. |
Perhatikanlah data berikut ini 1. Masa berburu dan meramu 2. Masa bercocok tanam tingkat awal 3. Masa bercocok tanam tingkat lanjut 4. Masa perundagian Berdasarkan data-data tersebut,pembabakan sejarah
ditinjau dari system: |
|
|
A. |
Perekonomian manusia purba |
|
B. |
Kegiatan manusia masa praaksara |
|
C. |
Teknologi pertanian manusia purba |
|
D. |
Mata pencaharian manusia purba |
|
E. |
Peralatan manusia purba |
7. |
Pembabakan dan pengklasifikasian peristiwa-peristiwa
dalam sejarah disebut dengan………. |
|
|
A. |
Diakronik |
|
B. |
Sinkronik |
|
C. |
Kategorisasi |
|
D. |
Kronik |
|
E. |
Periodisasi |
8. |
Catatan perjalanan yang dibuat oleh para musafir dan
pujangga yang dibuat pada keadaan dan waktu tertentu disebut dengan………….. |
|
|
A. |
Kronik |
|
B. |
Serat |
|
C. |
Babad |
|
D. |
Epos |
|
E. |
Notulen |
9. |
Periodisasi dalam sejarah akan mempermudah kita
dalam banyak hal,terutama dalam memahami peristiwa-peristiwa yang terjadi
pada masa yang lampau, berikut ini yang TIDAK termasuk sebagai manfaat dari
menggunakan periodisasi adalah………….. |
|
|
A. |
Memahami perkembangan manusia dari waktu ke waktu |
|
B. |
Mempermudah untuk memahami kesinambungan antar waktu |
|
C. |
Mengidentifikasi tentang kemungkinan terjadinya
fenomena yang berulang |
|
D. |
Memanfaatkan banyak data yang terbuang |
|
E. |
Mengidenttifikasi perubahan yang terjadi dalam
setiap periode sejarah |
10. |
Mempelajari peristiwa sejarah dengan segala aspeknya
pada masa dan waktu tertentu dengan lebih mendalam merupakan pengertian
dari………. |
|
|
A. |
Diakronik |
|
B. |
Kronik |
|
C. |
Anakronik |
|
D. |
Kronologik |
|
E. |
Sinkronik |
11. |
Perhatikan data-data yang tercantum berikut ini. 1.Pemerintahan Raja Hayam
wuruk 1350-1389 2.Perang Diponegoro 1825-1830 3.Masa pendudukan Jepang 1942-1945 4.Belanda menyerah kepada Jepang pada 8 Maret 1942 Tahun-tahun yang tercantum di belakang peristiwa
tersebut menunjukan….. |
|
|
A. |
Batas Waktu |
|
B. |
Batas ingatan |
|
C. |
Kronik |
|
D. |
Tahun Peristiwa |
|
E. |
Periodisasi |
12. |
Sesuatu yang melintas,melalui atau melampaui batas
waktu merupakan pengertian dari….. |
|
|
A. |
Sinkronik |
|
B. |
Diakronik |
|
C. |
Kronologis |
|
D. |
Kronik |
|
E. |
Anakronik |
13. |
Salah satu bukti bahwa bangsa Indonesia telah
mendapat pengaruh Hindu Budha adalah: |
|
|
A. |
Adanya pola masyarakat macapat |
|
B. |
Adanya karya sastra berisi filsafat Etika |
|
C. |
Munculnya animism dan Dinamisme |
|
D. |
Adanya kerajaan |
|
E. |
Adanya bangunan setengan bola pa atapnya |
14. |
Dalam Dunia perdagangan, Sriwijaya menjadi Jalur
pengendali perdagangan antara.. |
|
|
A. |
Tiongkok dan India |
|
B. |
Arab dan India |
|
C. |
India dan Persia |
|
D. |
Arab dan Gujarat |
|
E. |
Arab dan Tiongkok |
15. |
Berikut ini candi yang berada Jawa Tengah bagian
Selatan adalah Candi… |
|
|
A. |
Kalasan |
|
B. |
Muara takus |
|
C. |
Kidal |
|
D. |
Dieng |
|
E. |
Badut |
16. |
Prasasti yang mengatakan bahwaDapunta Hyang
mengadakan Perjanjian suci dengan perahu dan membawa 2000 0rang adalah… |
|
|
A. |
Nalanda |
|
B. |
Pasemah |
|
C. |
Kedukan Bukit |
|
D. |
Kebon kopi |
|
E. |
Canggal |
17. |
Dalam Teori Brahmana,penyebaran agama Hindu
dilakukan oleh kaum Brahmana, karena Kaum Brahmana |
|
|
A. |
Yang mengetahui ajaran agama Hindu |
|
B. |
Yang merintis jalan ke Indonesia |
|
C. |
Diundang oleh kepala suku untuk mengajarkan agama
Hindu |
|
D. |
Turut berlayar untuk menjaga keselamatan para
pedagang |
|
E. |
Memerintah para kstarya untuk menduduki Indonesia |
18. |
Tujuh Buah Yupa yang ditemukan di kerajaan Kutei
merupakan peninggalan tertulis pada
masa… |
|
|
A. |
Purnawarman |
|
B. |
Mulawarman |
|
C. |
Aswawarman |
|
D. |
Kundungga |
|
E. |
Sang Auman |
19. |
Kitab Suci agama Hindu adalah… |
|
|
A. |
Weda |
|
B. |
Zabur |
|
C. |
Injil |
|
D. |
Taurat |
|
E. |
Tripitaka |
20. |
Pertunjukan wayang pada mulanya merupakan |
|
|
A. |
Kesenian dari jawa |
|
B. |
Sarana Hiburan rakyat |
|
C. |
Kebudayaan yang mendapat pengaruh dari Hindu |
|
D. |
Kesenian masyarakat di pedesaan |
|
E. |
Upacara pemujaan arwah nenek moyang |
21. |
Perdagangan di kerajaan Sriwijaya mengalami kemajuan
yang pesat terutama karena |
|
|
A. |
Runtuhnya peranan pelabuhan Malaka |
|
B. |
Ramainya perdagangan di selat Malaka |
|
C. |
Letaknya Strategis di tepi selat Malaka |
|
D. |
Daeah kekuasaannya sangat Luas |
|
E. |
Menjadi pusat penghasil lada |
22. |
Sriwijaya mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan
raja…… |
|
|
|
|
|
A. |
Hayam wuruk
|
|
B |
Mulawarman |
|
C |
Kertanegara |
|
D. |
Balaputra dewa |
|
E. |
Rakai pikatan |
23. |
Kelas sosial dalam agama Hindu seperti kepala dan
anggota lembaga pemerintahan termasuk dalam kategori kasta………. |
|
|
A. |
Sudra |
|
B. |
Waisya |
|
C. |
Kesatrya |
|
D. |
Brahmana |
|
E. |
Airlangga |
24. |
Kerajaan kutei mengalami masa keemasanpada saat
pemerintahan |
|
|
A. |
.Mulawarman |
|
B. |
Aswawarman |
|
C. |
Kudungga |
|
D. |
Sima |
|
E. |
Purnawarman |
25. |
Sistem kepercayaan masa pra aksara anatara lain Dinamisme
artinya…… |
|
|
A. |
Percaya kepada benda-benda |
|
B. |
Percaya kepada Roh |
|
C. |
Percaya kepada guru spiritual |
|
D. |
Percaya kepada hewan |
|
E. |
Percaya kepada batu besar |
26. |
Animisme artinya………. |
|
|
A. |
Percaya kepada benda-benda |
|
B. |
Percaya kepada Roh |
|
C. |
Percaya kepada guru spiritual |
|
D. |
Percaya kepada hewan |
|
E. |
Percaya kepada batu besar |
27. |
Samanisme artinya……. |
|
|
A. |
Percaya kepada benda-benda |
|
B. |
Percaya kepada Roh |
|
C. |
Percaya kepada guru spiritual |
|
D. |
Percaya kepada hewan |
|
E. |
Percaya kepada batu besar |
28. |
Totemisme artinya |
|
|
A. |
Percaya kepada benda-benda |
|
B. |
Percaya kepada Roh |
|
C. |
Percaya kepada guru spiritual |
|
D. |
Percaya kepada hewan |
|
E. |
Percaya kepada batu besar |
29 |
Berdasarkan keterangan dari ibnu Batutah , Kerajaan
Islam di Indonesia ang menjadi pusat studi agama islam dan tempat
berkumpulnya para ulama dari berbagai negara… |
|
|
A. |
Malaka |
|
B. |
Demak |
|
C. |
Banten |
|
D. |
Mataram |
|
E. |
Samudra pasai |
30. |
Dikerajaan Banten terjadi akulturasi Budaya Islam
dengan Eropa. Hal tersebut tampak |
|
|
A. |
Adanya kentungan pada bangunan masjid |
|
B. |
Penggunaan kubah setengah LIngkaran |
|
C. |
Menara masjid yang mirip mercusuar |
|
D. |
Atap masjid berbentuk atap tumpeng |
|
E. |
Adanya Meriam di halaman masjid |
31. |
Gelar khalifatullah Ing Alaga Sayidin panatagama
menunjukan bahwa seorang raja selain sebagai pemimpim pemerintahan juga
sekaligus sebagai… |
|
|
A. |
Pemimpin Agama |
|
B. |
Pelindung semua agama |
|
C. |
Ulama negara |
|
D. |
Juru dakwah |
|
E. |
Pemimpin perang |
32. |
Agama Islam dibawa ke Indonesia oleh para pedagang
yang berasal dari… |
|
|
A. |
Persia,tiongkok dan Gujarat |
|
B. |
India,Iran dan Tiongkok |
|
C. |
Arab,Tiongkok danPersia |
|
D. |
Arab,Persia dan Gujarat |
|
E. |
Tiongkok,Afgahanistan dan Libya |
33. |
Masuknya pengaruh Islam ke Indonesia terjadi akibat
proses |
|
|
A. |
Peperangan |
|
B. |
Pertukaran Budaya |
|
C. |
Birokrasi |
|
D. |
Perdagangan |
|
E. |
Penaklukan |
34. |
Bukti penyebaran Islam di Nusantara dilakukan secara
damai adalah.. |
|
|
A. |
Agama Islam cepat berkembang di Nusantara. |
|
B. |
Berdirinya pondok pondok pesantren |
|
C. |
Sinkretisme ajaran Islam dengan Pra Islam. |
|
D. |
Serangan Banten terhadap kerajaan Pajajaran |
|
E. |
Pemberontakan kadipaten demak kepada Majapahit. |
35. |
Pengaruh Islam dalam bidang kesenian yang
mempercepat Islamisasi adalah…. |
|
|
A. |
Perkembangan karya sastra peralihan yang ditulis
menggunakan Bahasa Arab |
|
B. |
Kemajuan pada bidang seni arsitektur yang memiliki
ciri khas Islam |
|
C. |
Perkembangan pertunjukan wayang. |
|
D. |
Seni Drama dan Seni Tari |
|
E. |
Seni ukiran yang bercorak Islam |
36. |
Berikut yang bukan penyebab agama Islam dapat
diterima dan berkembang pesat adalah…. |
|
|
A. |
Islam bersifat terbuka |
|
B. |
Penyebaran Islam dilakukan secara damai |
|
C. |
Islam tidak membedakan kedudukan dalam masyarakat |
|
D. |
Upacara dalam agama Islam dilakukan secara sederhana |
|
E. |
Islam disebarkan secara paksaan |
37. |
|
Penyebaran
Islam melalui pendidikan dilakukan oleh…. |
|
A. |
Ulama,kiai,Adipati dan pedagang |
|
B. |
Ulama,kiai dan Adipati |
|
C. |
Guru agama,pedagang,Raja dan Kiai |
|
D. |
Kiai,pedagang, adipati dan ulama |
|
E. |
Pedagang,adipati,raja dan Ulama |
38. |
|
Ajaran Islam mudah dimengerti oleh penduduk Jawa
waktu itu telah memiliki kebudayaan yang dipengaruhi oleh kebudayaan Hindu
Budha.Hal tersebut terjadi karena penyebaran Islam dilakukan dengan
pendekatan……. |
|
A. |
Kebudayaan |
|
B. |
Perdagangan |
|
C. |
Logika |
|
D. |
Ekonomi |
|
E. |
Pendidikan |
39. |
|
Penduduk di daerah pesisir Nusantara lebih dahulu
memeluk agama Islam daripada daerah pedalaman karena…. |
|
A. |
Para penguasa dipesisir telah beragama Islam |
|
B. |
Penduduk pedalaman tidak tertarik ajaran Islam |
|
C. |
Agama Islam disebarkan melalui lewat perdagangan |
|
D. |
Para Mubaligh Islam enggan menyebarkan agama ke
pedalaman |
|
E. |
Walisanga menyebarkan agama Islam di pusat
pemerintahan |
40. |
|
Kemajuan kerajaan Aceh dialami pada masa…. |
|
A. |
Sultan Hassanudin |
|
B. |
Sultan Iskandar Muda |
|
C. |
Sultan Muzzaffar |
|
D. |
Sultan Ali Mughayat |
|
E. |
Sultan Alaudin syah |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar