SOAL SEJARAH KELAS XI
Pilihlah Jawaban yang paling benar
1.
Perhatikan pernyataan dibawah ini!
1) kisah pelayaran Ferdinand Magelhaens
2) Jayanya kota Konstantinopel pada tahun 1453
3) Adanya semangat reconguesta atau penaklukan
4) Berkembangnya penemuan kompas dan teknik pelayaran
5) Penemuan Copernicus yang mendapat dukungan dari Galileo Galilei
Faktor yang mendukung bangsa-bangsa barat menjajahi samudra ditunjukkan pada
nomor….
a. 3), 4) dan 5)
b. 1), 2), dan 3)
c. 2), 4), dan 5)
d. 1), 3) dan 5)
e. 2), 3), dan 4)
2.
Bangsa barat yang pertama kali datang di Nusantara dan
kemudian memonopoli perdagangan rempah-rempah di Maluku yatu….
a. Perancis
b. Belanda
c. Inggris
d. Spanyol
e. Portugis
3.
Imprealisme kuno yang dipelopori oleh Portugis dan
Spanyol mempunyai semboyan….
a. L’etat cest Moi
b. Gold, Glory, Gospel
c. The Wealth of Nation
d. Libere, Egalite, Fraternite
e. Laisez Faire laizes Passer
4.
Alfonso de
Albuquerque merupakan tokoh penjelajah Samudera yang berasal dari….
a. Inggirs
b. Portugis
c. Belanda
d. Spanyol
e. Prancis
5.
Di bawah pimpinan Sultan Baabullah, rakyat Ternate
menentang Portugis. Perlawanan rakyat Ternate tersebut disebabkan karena….
a. tindakan Portugis yang sudah melampui batas
b. Portugis tidak menyukai Baabullah
c. Sultan Baabullah ingin bekerja sama dengan Inggris
d. Rakyat Ternate ingin melakukan perdagangan
e. Portugis membeli rempah-rempah dengan murah
6.
Setelah Portugis, akhirnya bangsa Belanda sampai ke
Indonesia. Masuknya Belanda ke Nusantara terjadi karena….
a. Hasil dari suatu penjelajahan yang tidak sengaja
b. Kekuasan Portugis di Nusantara melemah
c. Bantuan informasi dari Portugis
d. Informasi dari Kartografer dan penjelajah Belanda
e. Hasil ekspedisi pertama dari pelaut Cornelis de Houtman
7.
Di bawah ini yang bukan merupakan bagian dari tujuan
dari VOC yaitu…
a. membantu pemerintah Belanda yang terlibat perang dengan Spanyol
b. menghindari persaingan yang tidak sehat diantara para pedagang Belanda
c. memperoleh monopoli perdagangan baik komoditas untuk eskpor ataupun impor
d. memperkuat Belanda dalam persaingan dagang dengan negara-negara Eropa
lainnya.
e. membangun persatuan para pedagang rempah-rempah untuk membangun negara
koloni.
8.
Agar VOC
melaksanakan tugas-tugas dengan leluasa, maka pemerintah Belanda
memberikan VOC berupa….
a. Angkatan perang agar keamanan terjamin
b. Modal yang besar agar kegiatannya dapat berjalan
lancar
c. Dukungan sarana transportasi yang cukup
d. Hak-hak istimewa dinamakan hak oktroi
e. Kantor tersendiri yang terpisah dengan pemerintah
Belanda
9.
Pernah memberikan keuntungan bagi pemerintah Belanda,
VOC pada akhirnya bangkrut lalu dibubarkan oleh pemerintahan, penyebab
keberangkrutan VOC yaitu kecuali….
a. Banyak uang yang digunakan untuk membangun
benteng-benteng pertahanan
b. Organisasi tidak mempunyai struktur yang jelas
c. Banyak pegawainya yang menjalankan korupsi
d. Banyak pegawai yang menerapkan kebijakan
sendiri-sendiri
e. Permintaan rempah-rempah di negara Eropa menurun
karena perang
10. Setelah VOC
dibubarkan, politik kolonial liberal mulai dijalankan oleh Gubernur Jenderal
Daendels. Tugas Daendels di Indonesia adalah mempertahankan Pulau Jawa dari
serangan….
a. Inggris
b. Perancis
c. Jerman
d. Jepang
e. Amerika
11. Kebijakan
Daendels dalam bidang pemerintahan adalah….
a.
Memperkuat pasukan
b.
Mendirikan pabrik senjata di Semarang dan Surabaya
c.
Memperbaiki gaji pegawai
d.
Membangun pangkalan angkatan laut
e.
Mereformasi birokrasi
12. Tindakan
terkenal yang dilakukan oleh Raffles dalam bidang ekonomi adalah…
a.
Mengharuskan penduduk pulau Jawa menanam jenis tanaman
eksport
b.
Membagi pulau Jawa menjadi 16 Keresidenan
c.
Memberlakukan sistem sewa tanah
d.
Memberlakukan sistem penyerahan wajib
e.
Membeli hasil bumi rakyat Indonesia dengan harga murah
13. Tujuan
utama adanya kebijakan tanam paksa di bawah Gubernur Van Den Boasch yaitu….
a. mendanai perang melawan Perancis
b. menyelamatkan negara Belanda dari krisis ekonomi
c. mendanai berbagai perang yang terjadi di Indonesia
d. memenuhi permintaan pasar Eropa pada tanaman ekspor selain cengkeh
e. agar petani Indonesia terbiasa menanam tanaman ekspor
14.
Tanam paksa sangat merugikan rakyat pribumi, dampak
yang paling dirasakan dari segi ekonomi ialah
a.
Kemiskinan karena masyarakat pribumi tidak memperoleh
keuntungan dari hasil tanam paksa serta pemilik lahan tidak bisa menikmati
hasil lahannya sendiri
b.
Kemiskinan karena bupati tidak memperoleh keuntungan
dan tidak bisa menikmati lahan sendiri
c.
Terjadinya kesenjangan sosial antara pribumi dan
bupati, dimana pribumi hanya dianggap kaum budak
d.
Stratifikasi sosial tinggi karena masyarakat pribumi
serta bupati tidak memperoleh keuntungan dari adanya tanam paksa dan penjajah
semakin kaya karena tanam paksa
e.
Semua benar
15.
Berikut ini adalah bentuk penyimpangan sistem tanam
paksa, kecuali…
a.
Penyediaan tanah/ lahan secara paksa
b.
Pemakaian tanah kurang dari 52 hari
c.
Pemakaian tanah melebihi seperlima bagian
d.
Upah petani dimanipulasi para kepala desa
e.
Penyimpanan pemberian uang premi oleh pegawai
pemerintahan Belanda
16.
Berikut merupakan pernyataan tentang kekuasaan Inggris
di Indonesia, kecuali….
a. untuk memasukkan keuangan negara, Raffles menerapkan Cultuursteelsel
b. pada tahun 1816 Inggris menyerahkan kembali kekuasaannya kepada Belanda
c. kekuasaan Inggris di Indonesia dipercayakan kepada Thomas Stamford Raffles
d. salah satu kebijakan populer yang diterapkan oleh Raffles adalah sistem sewa
tanah
e. Inggris berkuasa di Indonesia setelah menerima penyerahan kekuasaan dari Belanda
pada tahun 1811.
17. Salah
satu sebab khusus terjadinya Perang Diponegoro adalah Pangeran Diponegoro
tersingkir dari elit kekuasaan karena….
a. Menolak berkompromi dengan pemerintah kolonial
b. Pangeran Diponegoro ingin mengasingkan diri
c. Pangeran Diponegoro ingin menjadi raja
d. Pemerintah kolonial ingin mengajak kerja sama Pangeran Diponegoro
e. Pangeran Diponegoro dibelit berbagai bentuk pajak
18. Siasat
Benteng Stesel adalah strategi Belanda yang digunakan untuk menangkap….
a. Sisingamangaraja
b. Pattimura
c. Pangeran Diponegoro
d. Sultan Hasanuddin
e. Tuanku Imam Bonjol
19. Perlawanan
raja-raja Bali terhadap Belanda dikenal dengan sebutan Perang Puputan yang
maknanya….
a. Perlawanan sampai tujuan tercapai
b. Perang satu lawan Satu
c. Perang yang hanya menggunakan senjata tradisional
d. Perang yang melibatkan semua laki-laki dewasa Bali
e. Perang sampai titik darah penghabisan
20. Eduard
Douwes Dekker pada tahun 1860 menulis buku yang judulnya Max Havelaar. Dalam
buku tersebut, Eduard Douwes Dekker menggunakan nama samaran Multatuli yang
artinya….
a. Lelang kopi perdagangan Belanda
b. saya penulis buku Max Havelaar
c. saya sangat menderita
d. saya seorang Belanda
e. Semangat rakyat kecil
21. Salah
satu sebab terjadinya perang Aceh yaitu adanya politik ekspansi Belanda karena
Traktat Sumatra yang isinya bahwa Inggris memberikan izin kepada Belanda
menguasai….
a. Pulau Sumatra kecuali Aceh
b. Seluruh pulau Sumatra termasuk Aceh
c. Pulau Kalimantan
d. Seluruh pulau Sumatra dan Jawa
e. Seluruh Pulau Jawa
22. Sistem
tanam paksa pada dasarnya berisi tentang….
a. keharusan penduduk Jawa membayar dalam bentuk uang dan barang
b. penduduk Indonesia membayar pajak dengan uang
c. penduduk Jawa membayar pajak secara tunai
d. penduduk wajib menyerahkan tanah pertaniannya
e. keharusan penduduk Jawa untuk membayar pajak dalam bentuk barang ekspor
23. Latar
belakang dihapuskannya sistem tanam paksa (cultur stelsel) adalah karena..
a.
Banyak pejabat pemerintah yang korupsi
b.
Banyak para pekerjanya diharuskan bekerja dengan waktu
lebih lama untuk mengurus tanaman eksport daripada mengurus padi
c.
Terjadinya bahaya kelaparan
d.
Adanya desakan dari kaum liberalis Belanda yang
mengetahui ada praktik tanam paksa yang merugikan rakyat koloni
e.
Seperlima tanah garapan rakyat yang ditanami padi desa
wajib ditanami dengan jenis tanaman eksport
24. Perhatikan
keterangan dibawah ini:
1.
Terjadinya perubahan pelapisan sosial dalam
masyarakat;
2.
Pembentukan status sosial;
3.
Dibukanya sekolah-sekolah oleh pemerintah;
4.
Muncul golongan buruh dan golongan majikan;
5.
Penerapan sistem tanam paksa.
Dari pernyataan diatas, nomor berapa sajakah yang
merupakan dampak dari kolonialisme pada bidang sosial…
a.
1,2 dan 3
b.
2,3 dan 4
c.
3,4 dan 5
d.
1,2 dan 4
e.
2,3 dan 5
25.
Salah satu
dampak dari kolonialisme di Indonesia pada bidang ekonomi yang hingga saat ini masih bisa dirasakan oleh masyarakat Indonesia
adalah...
a.
Adanya bangunan lawang sewu
b.
Munculnya sekolah-sekolah yang dibangun oleh
pemerintah
c.
Uang sebagai alat tukar yang sah
d.
Diangkatnya para petinggi kerajaan sebagai pegawai
negeri
e.
Lahirnya golongan cerdik pandai
26.
Pada masa kolonialisme di Indonesia, para pejabat atau
penguasa tradisional seperti bupati dimanfaatkan oleh orang-orang Belanda untuk
kepentingan pemerintahan Belanda di Indonesia, kondisi ini disebut juga dengan
sistem pemerintah tidak langsung atau lebih dikenal sebagai sistem Indirect
Rule. Penerapan sistem Indirect Rule merupakan salah satu dampak kolonialisme
di Indonesia pada bidang…
a.
Pendidikan
b.
Politik
c.
Sosial
d.
Ekonomi
e.
Budaya
27.
Berikut ini merupakan dampak dari konolialisme di
Indonesia pada bidang ekonomi, kecuali…
a.
Bangsa Indonesia menjadi tahu perkembangan yang
terjadi di dunia luar
b.
Perekonomian bergeser dari pertanian pangan menjadi
industri perkebunan
c.
Penerapan sistem tanam paksa menyebabkan rakyat
indonesia mengenal jenis tanaman baru
d.
Munculnya kota-kota baru di sekitar
perusahaan-perusahaan Belanda
e.
Dikenalnya sistem ekonomi uang bagi masyarakat
Indonesia
28.
Kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia membawa dampak
dalam bidang sosial. Salah satu dampak dalam bidang sosial adalah munculnya
masyarakat yang menganut agama Katolik yang di bawa oleh misionaris Gonzales
Veloso, Fernao Vinagra dan Simon Vas, serta berkembangnya Kristen Protestan.
Salah satu misionaris yang menyebarkan agama Katolik di Maluku adalah...
a.
Antonio de oamay
b.
Franxiscus Xaverius
c.
Luwix Nommensen
d.
Edwuard Douwes Doker
e.
Crawfurd
29.
Pada akhir abad ke-19 Belanda mengubah kebijakan
dengan menerapkan politik….
a. pintu terbuka (Sewa tanah)
b. eksploitasi
c. kesejahteraan
d. asosiasi
e. balas budi
30.
Perkembangan pendidikan di Indonesia saat ini tidak
semata-mata terjadi begitu saja, tetapi adanya pengaruh pada masa kolonialisme
Belanda, yang pada awalnya pendidikan hanya ditunjukan untuk masyarakat pada
lapisan tertentu tetapi berkembang hingga semua masyarakat bisa menempuh
pendidikan. Hal ini diakibatkan karena adanya gebrakan kebijakan di wilayah Eropa, kebijakan tersebut
adalah…
a.
Kebijakan sistem liberal
b.
Kebijakan tanam paksa
c.
Pax Nerlandica
d.
Kebijakan politik etis
e.
Culture Stelsel
31.
Dampak
positif pelaksanaan Politik Etis yang mendorong lahirnya pergerakan nasional
adalah bidang ….
a. Irigasi
b. Emansipasi
c. Edukasi
d. Administrasi
e. Transmigrasi
32.
Pengaruh eksternal sebab-sebab muncul dan
berkembangnya pergerakan nasional Indonesia adalah …
a. Kenangan kejayaan masa lampau
b. Penderitaan dan kesengsaraan akibat imperialisme
c. Kemenangan Jepang atas Rusia (1905)
d. Munculnya golongan cendikiawan
e. Kemajuan dalam bidang politik, sosial, ekonomi dan kebudayaan
33.
Salah satu faktor yang dapat menyatukan dan mengikat
organisasi-organisasi pergerakan nasional adalah...
a.
Adanya kesadaran tentang arti pentingya berpolitik
b.
Adanya tujuan yang sama, yaitu ingin mencapai
kemerdekaan
c.
Adanya diskriminasi yang dilakukan oleh Belanda
d.
Waktu berdirinya yang hampir bersamaan
e.
Terdapat kesamaan kepentingan
34.
Pergerakan nasional Indonesia ditandai dengan lahirnya
Organisasi Budi Utomo. Sifat organisasi tersebut adalah ….
a. Sosial politik
b. Sosial budaya
c. Sosial demokrasi
d. Sosial religius
e. Politik
35.
Tanggal kelahiran Budi Utomo dijadikan sebagai hari
Kebangkitan Nasional karena pada tanggal tersebut ....
a.
Seluruh rakyat Indonesia bersatu bangkit melawan
Belanda
b.
Perjuangan menuju kemerdekaan secara nasional mulai
dengan cara baru
c.
Seluruh rakyat Indonesia menyatakan sumpah setia
kepada negara
d.
Beralihnya pemimpin perjuangan dari generasi tua ke
generasi muda
e.
Peran besar Budi Utomo dalam memperjuangkan
kemerdekaan
36.
Salah satu tujuan berdirinya Sarekat Islam adalah ....
a.
Meningkatkan harta dan derajat bangsa Indonesia
b.
Memperbaiki nasib rakyat melalui pendidikan
c.
Memperbaiki kehidupan perekonomian rakyat
d.
Menuntut Indonesia merdeka melalui Volksraad
e.
Mengajak rakyat untuk melawat penjajah dengan jihad
37.
Pemimpin Indische Partij yang dikenal dengan sebutan
tiga serangkai adalah ....
a.
K.H. Samanhudi, Abdul Muis, dan HOS Tjokroaminoto
b.
Semaun, Mr. Sartono, dan Darsono
c.
Ir. Soekarno, Moh. Hatta, dan Suwardi Suryaningrat
d.
Dr. Tjipto Mangunkusumo, Moh. Hatta, HOS Tjokroaminoto
e.
Ki Hajar Dewantara, Douwes Dekker, dan dr. Tjipto
Mangunkusumo
38.
Indische Partij merupakan organisasi pergerakan
kebangsaan yang bertujuan ….
a. Memajuakan kebudayaan Jawa, Madura, dan Bali
b. Menyatukan seluruh warga negara Indonesia yang berada di negeri Belanda
c. Mengusahakan kemajuan yang selaras bagi bangsa dan tanah air
d. Menggalang persatuan semua orang Indonesia untuk berjuang demi kemerdekaan
RI
e. Mengusahakan kerja sama antara orang Indonesia yang satu agama
39.
Pendirian Sarekat Dagang Islam bertujuan untuk ….
a. Melakukan perlawanan terhadap pemerintah kolonial Belanda
b. Membendung produk-produk impor dari negara Belanda
c. Menyatukan kekuatan para pedagang ekonomi lemah
d. Mendirikan koperasi konsumsi untuk orang islam
e. Melakukan monopoli perdagangan khusus untuk para pedagang Indonesia
40.
Semangat
Sumpah Pemuda harus membara dalam perjuangan bangsa karena…
a.
Masih bisa
dipakai pada saat sekarang
b. Pembangunan nasional digiatkan
c.
Bagian dari
pengamalan Pancasila
d. Dalam mengisi kemerdekaan diperlukan
semangat Sumpah Pemuda
e.
Sumpah
Pemuda merupakan simbol kebangkitan Bangsa Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar