SOAL LATIHAN TO 1A
1.
Sejarah memiliki
hubungan erat dengan kehidupan manusia. Pernyataan tersebut berarti….
a.
Manusia tidak dapat
hidup tanpa sejarah
b.
Sejarah menciptakan
kehidupan manusia
c.
Sejarah mempengaruhi
gerak aktivitas manusia
d.
Sejarah menceritakan
kisah kehidupan manusia
e.
Sejarah merupakan
kenangan masa lalu manusia
a. Herodotus b. Ismaun c. Kuntowijoto d. Muhammad Ali e. Nugroho Notosusanto |
3. Manusia adalah makhluk sosial yang akan
bermasyarakat dengan sekitarnya. Sejarah telah mencatat bahwa Masyarakat masa
lalu sudah melakukan hubungan dengan Masyarakat diluar Masyarakat mereka.
Hubungan ini telah menjadi Sejarah
dalam peradaban manusia sebagai makhluk bermasyarakat. Makna tersirat dari
paparan ini merupakan pengertian Sejarah menurut… A. Herodotus B. Ismaun C. Kuntowijoto D. Muhammad Ali E. Nugroho Notosusanto |
4.
Salah satu faktor
internal penyebab perubahan dalam kajian sejarah adalah revolusi dalam
masyarakat. Salah satu dampak revolusi dalam masyarakat. Salah satu dampak
revolusi dalam kehidupan sosial masyarakat yang terjadi pasca Proklamasi
Kemerdekaan Indonesia adalah ...
A. Banyak negara
di dunia mendukung perjuangan Indonesia membebaskan diri dari penjajahan
Belanda.
B. Pembagian
kelas sosial di Indonesia yang diterapkan sejak masa colonial Belanda
dihapuskan.
C.
Indonesia diakui sebagai negara yang merdeka dan berdaulat oleh dunia
internasional.
D.
Rakyat Indonesian dan masyarakat Belanda memiliki kedudukan sosial yang sama.
E.
Rakyat Indonesia menegaskan bahwa Jepang tidak lagi menduduki Indonesia.
5. Bacalah wacana di bawah ini dengan teliti ! “Perang Bubat adalah perang
besar yang menjadi akhir kekuasaan mahapatih terbesar Kerajaan Majapahit.
Sejarah perang Bubat berkaitan dengan pertikaian antara Kerajaan Majapahit
melawan Kerajaan Sunda. Sejarah Perang Bubat
diawali oleh upaya Hayam Wuruk untuk menaklukkan Kerajaan Sunda dengan cara
mempersunting Dyah Pitaloka Citraresmi, putri dari Raja Sunda. Pada tahun
1357 Masehi, rombongan Kerajaan Sunda berencana untuk pergi ke Trowulan untuk
menikahkan Dyah Pitaloka Citraresmi dengan Hayam Wuruk. Namun, situasi
tersebut dilihat Gajah Mada dari sudut pandang berbeda. Gajah Mada
melihat peluang bahwa itu adalah saat yang tepat untuk menaklukkan Kerajaan
Sunda. Hal itu dikarenakan Gajah Mada yang memegang teguh Sumpah Palapa untuk
menguasai wilayah Nusantara. Setelah itu,
pasukan dari Kerajaan Sunda tiba di Pesanggrahan Bubat yang lokasinya tidak
jauh dari pusat pemerintahan Kerajaan Majapahit. Di sinilah
Gajah Mada memberikan keputusan secara sepihak, bahwa Dyah Pitaloka hanya
digunakan sebagai pemantik dari Kerajaan Sunda untuk dikuasai Majapahit. Kemudian,
pasukan Majapahit pun menyerang Kerajaan Sunda di Pesanggrahan Bubat. Di sisi
lain, para rombongan Kerajaan Sunda naik pitam mendengar ucapan Gajah Mada,
sehingga terjadilah peperangan. Perang Bubat
ini terjadi dengan jumlah pasukan yang tidak seimbang, sehingga banyak
pasukan Kerajaan Sunda yang meninggal dunia dan menyisakan Dyah Pitaloka
Citraresmi. Akibat dari
situasi tersebut, Dyah Pitaloka Citraresmi pun memutuskan untuk bunuh diri
dengan menusukkan konde di jantungnya”. Sumber https://kumparan.com/sejarah-dan-sosial/sejarah-perang-bubat-mulai-dari-penyebab-hingga-dampaknya-20GuuytxOZC/full Bacaan di atsa yang menunjukkan ruang Sejarah
terjadinya perang antara pasukan Kerajaan Sunda dan Kerajaan Majapahit,
yaitu.. |
A. Ciwaringin B. Pesanggrahan Bubat C. Tepian Sungai Brantas D. Larantuka E. Trowulan |
6. Bacalah wacana di bawah ini dengan teliti ! Tahukah kalian siapa tokoh
pada gambar ?.
Beliau adalah Mohammad Yamin. Beliau salah satu tokoh nasional
yang begitu perhatian terhadap perkembangan ilmu Sejarah di Indonesia.
Kecintaan Beliau terhadap Sejarah sudah terpatri saat ingin mealnjutkan
perkuliahan di Leiden Belanda namun hal ini kandas karena ayahnya meninggal
sehingga Mohammad Yamin melanjutkan pendidikannya di Rechtshoogeschool te Batavia (Sekolah
Tinggi Hukum di Jakarta, yang kelak menjadi Fakultas Hukum Universitas
Indonesia), dan berhasil memperoleh gelar Meester in de Rechten (Sarjana Hukum) pada tahun 1932. Menulis salah satu bentuk hasta
karya Mohammad Yamin dan juga mempunyai pemikiran terhadap pergerakan
nasional hal ini terwujud dengan bergabungnya di perkumpulan Jong
Sumatera.Dan ikut menyusun ikrar Sumpah Pemuda yang dibacakan pada Kongres Pemuda II. Dalam ikrar tersebut, ia
menetapkan Bahasa Indonesia, yang berasal
dari Bahasa Melayu, sebagai bahasa
nasional Indonesia. organisasi Indonesia Muda, Yamin mendesak supaya Bahasa
Indonesia dijadikan sebagai alat persatuan. Dalam siding BPUPKI beliau pun
punya peran penting dan juga sebagai anggota panitia Sembilan. Sumber Dari berbagai sumber Bacaan di atas menjabarkan seorang tokoh yang mempunyai peranan
terhadap Sejarah bangsa Indonesia. Ini merupakan suatu konsep dalam
pembelajaran Sejarah, yaitu… |
a.Konsep Manusia dalam ruang |
b.Konsep Manusia dalam waktu |
c.Konsep Manusia dalam metodologi |
d.Konsep Manusia dalam Sejarah |
e.Konsep Manusia dalam konsep |
7. Peralihan Kekuasaan Politik setelah G-30-S/PKI Masih ingatkah anda dengan peristiwa G-30-S/PKI? Pengaruh peristiwa
ini ternyata berdampak luas dan salah satunya adalah menyebabkan peralihan
kekuasaan politik Indonesia. Adanya peristiwa ini memncing kemarahan rakyat,
salah satunya dengan berdemonstrasi besar-besaran dengan agenda menuntut
pembubaran PKI.Walaupun pemerintahan saata itu sudah melakukanpenumpasan
terhadap PKI namun belum memuaskan hati rakyat. Selain Front Pancasila
bermunculan juga Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia, Kesatuan Aksi Pelajar
Indonesia dan lain-lain yang menuntut pembubaran PKI dan menghancurkan
kekuatan PKI dan kesatuan Aksi ini disebut dengan sebutan Angkatan’66. DEmonstrasi diarahkan ke Gedung Sekretariat Negara, aksi ini terjadi
pada tanggal 8 Januari 1966 dengan tuntutan perbaikanterhadap kebijakan
ekonomi Indonesia yang benar kemudian dilanjutkan tanggal 12 Januari 1966
dengan mengajukan tuntutan yang dikenal dengan Tri Tuntutan Rakyat (Tritura).
Isi Tritura yaitupembubaranPKI beserta organisasi massanya, pembersihan
cabinet Dwikora dari unsur-unsur PKI, dan penurunan harga-harga barang. Tanggal 15 Januari diadakan siding paripurna Kabinet Dwikora. Dalam
rapat tersebut presiden Soekarno menyatakan bahwa aksi mahasiswa tersebut
didukung oleh CIA dan para mahasiswa menyangkal hal tersebut. Dalam Upaya
meredahkan ketengan tanggal 21 Februari presiden mengumumkan perombakan
cabinet yang disebut Kabinet Seratus Menteri. NAmun usaha inipun gagal. 24
Februari 1966 mahasiswa melakukan demontrasi Kembali dan terjadilah bentrok
yang mengakibatkan gugurnya mahasiswa Bernama Arief Rahmat Hakim. 11 Maret
1966 keluarlah Surat Perintah Sebelas Maret untuk meredam situasi yang kurang
kondusif. Surat ini memberikan kekuasaan penuh kepada Soeharto, secara
perlahan kehidupan berbangsa dan bernegara berhasil ditata Kembali sesuai
dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar NRI tahun 1945. Peristiwa demi peristiwa terus berlanjut demi memulihkan kondisi
IndonesiaMPRS sebagai Lembaga tertinggi negara sekaligus pelaksana kedaulatan
rakyat melakukan sidang sampai pada sidang Istimewa MPRS yang mengeluarkan
ketetapan yang intinya pencabutan kekuasaan pemerintah negara dari Presiden
Soekarno dan mengangkat Soeharto sebagai Presiden Rupublik Indonesia. Dari wacana tersebut dapat kita simpulkan bahwa… |
a. Kehidupan manusia masa kini dan masa lalu |
b.Manusai beraktivitas dalam ruang dan waktu |
c. Manusia hidup dalam perubahan dan berkelanjutan |
d. Kehidupan masa kini merupakan akibat perubahan di
masa lalu |
e.Hubungan manusia dengan Sejarah |
8.
Pembagian
waktu dalam sejarah adalah penting dalam kontinuitas dimensi waktu yang lalu, sekarang,
dan masa yang akan datang. Dengan demikian, ilmu sejarah mempelajari segala
peristiwa yang terjadi dalam waktu....
a.
Sepanjang
waktu yang bersifat kontinu
b.
Waktu yang
lalu sampai sekarang
c.
Waktu lalu,
sekarang, dan waktu yang akan datang
d.
Waktu yang
lalu
e.
Waktu yang
akan datang
9.
Ketika akan memperlajari peristiwa proklamasi kemerdekaan
RI kita perlu juga mempelajari tentang peristiwa Rengasdengklok perumusan Teks
proklamasi, hingga hari pembacaan teks proklamasi Tsb, hal Tersebut sesuai
dengan Konsep berpikir sejarah Yaituu
a.
Kronik
b.
Diakronik
c.
Kronologi
d.
Periodisasi
e.
Sinkronik
10. Hal
penting yang dapat kita peroleh dengan menggunakan konsep ruang dalam mempelajari sejarah adalah....
a.
Konsep ruang membatasi kreativitas berpikir sejarah
b.
Konsep ruang menunjukkan adanya perbedaan antara pola
berpikir masyarakat di setiap daerah
c.
Kehidupan sosial masyarakat yang berbeda di setiap wilayah
d.
Periodisasi disusun
berdasarkan konsep ruang dalam masyarakat
e.
Adanya keterkaitan antara konsep ruang dan faktor – faktor
munculnya peristiwa sejarah
11. Berikut
ini adalah contoh pendekatan konsep ruang terkait periode praaksara adalah...
a.
Pada zaman logam, manusia praaksara telah mengenal teknik pembuatan logam
dengan cara bivalve dan a cire perdue
b.
Kapak lonjong memiliki fungsi yang sama dengan fungsi kapak persegi, yakni
sebagai alat pertanian dan alat upacara
c.
Bangunan megalitik mencakup antara lain, menhir dan sakofagus
d.
Pada masa berburu dan mengumpulkan makanan manusia praaksara tinggal di goa –
goa terbuka yang dekat dengan sumber air
e.
Homo florensies yang dikenal juga dengan ‘hobbit’
12. Praaksara atau prasejarah merupakan masa ketika manusia belum
mengenal tulisan. Kemudian kebudayaan masyarakat praaksara mengalami
perkembangan dari masa ke masa. Corak kehidupan masyarakat praaksara dibagi
berdasarkan kebudayaan dan kemampuannya. Corak kehidupan masyarakat prasejarah
dari masa ke masa berlangsung dari yang paling sederhana hingga pembuatan
alat-alat dari logam yang membutuhkan keahlian khusus. Praaksara atau Nirleka,
atau prasejarah sendiri secara harafiah berarti sebelum (pra), dan tulisan
(aksara).Masa praksara Indonesia
berakhir ditandai dengan penemuan….
A.
Prasasi Pasir Awi
B.
Prasasti Kedukan Bukit
C.
Prasasti Parir Awi
D.
Prasasi Canggal
E.
Prasasti Yupa
13.
Bumi merupakan satu di antara planet yang
ada di susunan tata surya. Berdasarkan pada buku Geografi Paket C "Bumi
Tempat Kita Hidup", para ahli astronomi dan geologi menyatakan bahwa bumi
telah terbentuk sekitar 4.500 juta tahun yang lalu. Terbentuknya bumi didasari
atas penelaahan paleontologi dan stratigrafi. Saat awal terbentuk, bumi masih
berupa bola pijar yang panas dengan suhu permukaan mencapai 4.000 derajat
celcius. Sebab, perputaran serta adanya gas yang menyelubungi bumi, suhu panas tersebut
menyebabkan terjadinya penguapan. Secara berangsur-angsur, bagian permukaan
bumi mulai mendingin. Proses pendinginan akhirnya membuat bagian luar bumi
membeku dan membentuk lapisan kerak bumi atau litosfer. Namun bagian dalam bumi
hingga saat ini masih dalam keadaan panas serta berpijar. Selain membentuk
kerak bumi, pendinginan massa bumi juga mengakibatkan penguapan yang sangat
besar di angkas. Proses ini terjadi dalam waktu jutaan tahun hingga terjadi
akumulasi uap serta gas dengan jumlah besar. Pada saat itulah mulai terbentuk
atmosfer bumi. Baca selengkapnya di artikel
"Bagaimana Proses Pembentukan Bumi dan Teori Terbentuknya
Benua?", https://tirto.id/gbpD
Salah satu teori
tentang terbentuknya bumi adalah teori “Dentuman Bear (Bing Bang). Salagh satu tokoh ilmuwan
Inggris yang berpendapat sama yaitu,
A.
Copernicus
B.
Srephen Hawking
C.
Einsten
D.
Herodotus
E.
Adam Smith
14.
Prof. Dr. N.J Krom
berpendapat bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunan di Tiongkok.
Hal tersebut dibuktikan dengan adanya..
a. Kemiripan sejumlah
kapak genggam asal Indonesia dari segi bentuk dan ukirannya dengan artefak yang
ada di Yunan
b. Secara fisik, orang
Indonesia memiliki kemiripan denga orang – orang di Yunan
c. Indonesia dan Yunan
memiliki rumpun bahasa yang sama
d. Ditemukan sejumlah
artefak yang berasal dari Indonesia di Yunan
e. Adanya bencana alam
yang mendorong bangsas Yunan berimigrasi ke Indonesia
Di Indonesia yang memiliki banyak kebudayaan dan hasil-hasil kebudayaan
adalah hasil dari perkembangan-perkembangan dari periode-periode sebelumnya,
temuan yang menjadi tonggak awal penelitian praaksara di Indonesia adalah
penemuan Pithecantropus Erectus yang ditemukan oleh Eugene Dubois pada tahun
1890 di Trinil, Di samping itu penemuan-penemuan artefak yang tersebar di
kawasan Indonesia juga menambah keyakinan bahwa di periode sebelumnyaa ada
manusia serta kebudayaannya.
Persebaran-persebaran
manusia prakasara di Indonesia diyakini berasal dari Asia daratan yang turun ke
wilayah Indonesia melalui kepulauan Sumatera, Jawa, dan Nusa Tenggara. Hal ini
diyakini dengan adanya temuan-temuan kebudayaan logam yang berasal dari kebudayaan
Dongson di Asia Daratan tepatnya di daerah Vietnam dan penemuan-penemuan
lainnya seperti tembikar, perhiasan-perhiasan. Persebaran manusia praaksara
mapun setelahnya cukup beragam, salah satunya persebaran yang ditemukan di jalur
utara pantai Jawa Bali melalui bukti-bukti artefak yang diyakini oleh arkeolog
merupakan hasil dari aktivitas pemukiman.
Salah satu hasil kebudayaan yang mengesankan
masa praaksara ditemukan di daerah Pejeng Bali, yaitu
A. Bukit kerang
B. Kapak perimbas
C. Nekara
D. Kapak corong
E. Kapak genggam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar