Rabu, 06 November 2024

SOAL LATIHAN TO 1

 SOAL LATIHAN TO 1A

1.    Sejarah memiliki hubungan erat dengan kehidupan manusia. Pernyataan tersebut berarti….

a.       Manusia tidak dapat hidup tanpa sejarah

b.      Sejarah menciptakan kehidupan manusia

c.       Sejarah mempengaruhi gerak aktivitas manusia

d.      Sejarah menceritakan kisah kehidupan manusia

e.       Sejarah merupakan kenangan masa lalu manusia

2.    Piramida-piramida Mesir merupakan warisan budaya dunia dari negeri yang dialirin Sungai Nil dengan cerita tidak hanya dalam goresan tinta sejarawan tetapi juga terukir dalam kitab suci umat manusia. Namun peradaban ini akhirnya harus jatuh karena adanya perubahan dunia. Namun sejarahnya tetap terukir. Dari pernyataan ini dapat kita simpulkan bahwa Sejarah akan mengalami jatuh bangunnya masyarkat dan peradaban. Hal ini sesuai dengan pengertian Sejarah menurut…

a.    Herodotus

b.    Ismaun

c.     Kuntowijoto

d.    Muhammad Ali

e.     Nugroho Notosusanto

 

3.    Manusia adalah makhluk sosial yang akan bermasyarakat dengan sekitarnya. Sejarah telah mencatat bahwa Masyarakat masa lalu sudah melakukan hubungan dengan Masyarakat diluar Masyarakat mereka. Hubungan ini telah  menjadi Sejarah dalam peradaban manusia sebagai makhluk bermasyarakat. Makna tersirat dari paparan ini merupakan pengertian Sejarah menurut…

A.    Herodotus

B.    Ismaun

C.    Kuntowijoto

D.   Muhammad Ali

E.    Nugroho Notosusanto

4.    Salah satu faktor internal penyebab perubahan dalam kajian sejarah adalah revolusi dalam masyarakat. Salah satu dampak revolusi dalam masyarakat. Salah satu dampak revolusi dalam kehidupan sosial masyarakat yang terjadi pasca Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah ...

A. Banyak negara di dunia mendukung perjuangan Indonesia membebaskan diri dari penjajahan Belanda.

B. Pembagian kelas sosial di Indonesia yang diterapkan sejak masa colonial Belanda dihapuskan.

C. Indonesia diakui sebagai negara yang merdeka dan berdaulat oleh dunia internasional.

D. Rakyat Indonesian dan masyarakat Belanda memiliki kedudukan sosial yang sama.

E. Rakyat Indonesia menegaskan bahwa Jepang tidak lagi menduduki Indonesia.

5. Bacalah wacana di bawah ini dengan teliti !

Perang Bubat adalah perang besar yang menjadi akhir kekuasaan mahapatih terbesar Kerajaan Majapahit. Sejarah perang Bubat berkaitan dengan pertikaian antara Kerajaan Majapahit melawan Kerajaan Sunda. Sejarah Perang Bubat diawali oleh upaya Hayam Wuruk untuk menaklukkan Kerajaan Sunda dengan cara mempersunting Dyah Pitaloka Citraresmi, putri dari Raja Sunda.

Pada tahun 1357 Masehi, rombongan Kerajaan Sunda berencana untuk pergi ke Trowulan untuk menikahkan Dyah Pitaloka Citraresmi dengan Hayam Wuruk. Namun, situasi tersebut dilihat Gajah Mada dari sudut pandang berbeda.

Gajah Mada melihat peluang bahwa itu adalah saat yang tepat untuk menaklukkan Kerajaan Sunda. Hal itu dikarenakan Gajah Mada yang memegang teguh Sumpah Palapa untuk menguasai wilayah Nusantara.

Setelah itu, pasukan dari Kerajaan Sunda tiba di Pesanggrahan Bubat yang lokasinya tidak jauh dari pusat pemerintahan Kerajaan Majapahit.

Di sinilah Gajah Mada memberikan keputusan secara sepihak, bahwa Dyah Pitaloka hanya digunakan sebagai pemantik dari Kerajaan Sunda untuk dikuasai Majapahit.

Kemudian, pasukan Majapahit pun menyerang Kerajaan Sunda di Pesanggrahan Bubat. Di sisi lain, para rombongan Kerajaan Sunda naik pitam mendengar ucapan Gajah Mada, sehingga terjadilah peperangan.

Perang Bubat ini terjadi dengan jumlah pasukan yang tidak seimbang, sehingga banyak pasukan Kerajaan Sunda yang meninggal dunia dan menyisakan Dyah Pitaloka Citraresmi.

Akibat dari situasi tersebut, Dyah Pitaloka Citraresmi pun memutuskan untuk bunuh diri dengan menusukkan konde di jantungnya”.

Sumber

https://kumparan.com/sejarah-dan-sosial/sejarah-perang-bubat-mulai-dari-penyebab-hingga-dampaknya-20GuuytxOZC/full

 

Bacaan di atsa yang menunjukkan ruang Sejarah terjadinya perang antara pasukan Kerajaan Sunda dan Kerajaan Majapahit, yaitu..

A.    Ciwaringin

B.    Pesanggrahan Bubat

C.    Tepian Sungai Brantas

D.   Larantuka

E.    Trowulan

6.    Bacalah wacana di bawah ini dengan teliti !

 Tahukah  kalian siapa tokoh  pada gambar ?.  Beliau adalah  Mohammad Yamin. Beliau salah satu tokoh nasional yang begitu perhatian terhadap perkembangan ilmu Sejarah di Indonesia. Kecintaan Beliau terhadap Sejarah sudah terpatri saat ingin mealnjutkan perkuliahan di Leiden Belanda namun hal ini kandas karena ayahnya meninggal sehingga Mohammad Yamin melanjutkan pendidikannya di Rechtshoogeschool te Batavia (Sekolah Tinggi Hukum di Jakarta, yang kelak menjadi Fakultas Hukum Universitas Indonesia), dan berhasil memperoleh gelar Meester in de Rechten (Sarjana Hukum) pada tahun 1932. Menulis salah satu bentuk hasta karya Mohammad Yamin dan juga mempunyai pemikiran terhadap pergerakan nasional hal ini terwujud dengan bergabungnya di perkumpulan Jong Sumatera.Dan ikut menyusun ikrar Sumpah Pemuda yang dibacakan pada Kongres Pemuda II. Dalam ikrar tersebut, ia menetapkan Bahasa Indonesia, yang berasal dari Bahasa Melayu, sebagai bahasa nasional Indonesia. organisasi Indonesia Muda, Yamin mendesak supaya Bahasa Indonesia dijadikan sebagai alat persatuan. Dalam siding BPUPKI beliau pun punya peran penting dan juga sebagai anggota panitia Sembilan.

 

Sumber

Dari berbagai sumber

 

Bacaan di atas menjabarkan seorang tokoh yang mempunyai peranan terhadap Sejarah bangsa Indonesia. Ini merupakan suatu konsep dalam pembelajaran Sejarah, yaitu…

a.Konsep Manusia dalam ruang

b.Konsep Manusia dalam waktu

c.Konsep Manusia dalam metodologi

d.Konsep Manusia dalam Sejarah

e.Konsep Manusia dalam konsep

 

7.    Peralihan Kekuasaan Politik setelah G-30-S/PKI

Masih ingatkah anda dengan peristiwa G-30-S/PKI? Pengaruh peristiwa ini ternyata berdampak luas dan salah satunya adalah menyebabkan peralihan kekuasaan politik Indonesia. Adanya peristiwa ini memncing kemarahan rakyat, salah satunya dengan berdemonstrasi besar-besaran dengan agenda menuntut pembubaran PKI.Walaupun pemerintahan saata itu sudah melakukanpenumpasan terhadap PKI namun belum memuaskan hati rakyat. Selain Front Pancasila bermunculan juga Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia, Kesatuan Aksi Pelajar Indonesia dan lain-lain yang menuntut pembubaran PKI dan menghancurkan kekuatan PKI dan kesatuan Aksi ini disebut dengan sebutan Angkatan’66.

DEmonstrasi diarahkan ke Gedung Sekretariat Negara, aksi ini terjadi pada tanggal 8 Januari 1966 dengan tuntutan perbaikanterhadap kebijakan ekonomi Indonesia yang benar kemudian dilanjutkan tanggal 12 Januari 1966 dengan mengajukan tuntutan yang dikenal dengan Tri Tuntutan Rakyat (Tritura). Isi Tritura yaitupembubaranPKI beserta organisasi massanya, pembersihan cabinet Dwikora dari unsur-unsur PKI, dan penurunan harga-harga barang.

Tanggal 15 Januari diadakan siding paripurna Kabinet Dwikora. Dalam rapat tersebut presiden Soekarno menyatakan bahwa aksi mahasiswa tersebut didukung oleh CIA dan para mahasiswa menyangkal hal tersebut. Dalam Upaya meredahkan ketengan tanggal 21 Februari presiden mengumumkan perombakan cabinet yang disebut Kabinet Seratus Menteri. NAmun usaha inipun gagal. 24 Februari 1966 mahasiswa melakukan demontrasi Kembali dan terjadilah bentrok yang mengakibatkan gugurnya mahasiswa Bernama Arief Rahmat Hakim. 11 Maret 1966 keluarlah Surat Perintah Sebelas Maret untuk meredam situasi yang kurang kondusif. Surat ini memberikan kekuasaan penuh kepada Soeharto, secara perlahan kehidupan berbangsa dan bernegara berhasil ditata Kembali sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar NRI tahun 1945.

Peristiwa demi peristiwa terus berlanjut demi memulihkan kondisi IndonesiaMPRS sebagai Lembaga tertinggi negara sekaligus pelaksana kedaulatan rakyat melakukan sidang sampai pada sidang Istimewa MPRS yang mengeluarkan ketetapan yang intinya pencabutan kekuasaan pemerintah negara dari Presiden Soekarno dan mengangkat Soeharto sebagai Presiden Rupublik Indonesia.

Dari wacana tersebut dapat kita simpulkan bahwa…

 

a. Kehidupan manusia masa kini dan masa lalu

b.Manusai beraktivitas dalam ruang dan waktu

c. Manusia hidup dalam perubahan dan berkelanjutan

d. Kehidupan masa kini merupakan akibat perubahan di masa lalu

e.Hubungan manusia dengan Sejarah

 


 

8.    Pembagian waktu dalam sejarah adalah penting dalam kontinuitas dimensi waktu yang lalu, sekarang, dan masa yang akan datang. Dengan demikian, ilmu sejarah mempelajari segala peristiwa yang terjadi dalam waktu....

a. Sepanjang waktu yang bersifat kontinu

b. Waktu yang lalu sampai sekarang

c. Waktu lalu, sekarang, dan waktu yang akan datang

d. Waktu yang lalu

e. Waktu yang akan datang

9.    Ketika akan memperlajari peristiwa proklamasi kemerdekaan RI kita perlu juga mempelajari tentang peristiwa Rengasdengklok perumusan Teks proklamasi, hingga hari pembacaan teks proklamasi Tsb, hal Tersebut sesuai dengan Konsep berpikir sejarah Yaituu

a.    Kronik

b.    Diakronik

c.     Kronologi

d.    Periodisasi

e.     Sinkronik

10. Hal penting yang dapat kita peroleh dengan menggunakan konsep ruang dalam   mempelajari sejarah adalah....

a.    Konsep ruang membatasi kreativitas berpikir sejarah

b.    Konsep ruang menunjukkan adanya perbedaan antara pola berpikir masyarakat di setiap daerah

c.     Kehidupan sosial masyarakat yang berbeda di setiap wilayah

d.    Periodisasi disusun  berdasarkan konsep ruang dalam masyarakat

e.     Adanya keterkaitan antara konsep ruang dan faktor – faktor munculnya peristiwa sejarah

11. Berikut ini adalah contoh pendekatan konsep ruang terkait periode praaksara adalah...

a. Pada zaman logam, manusia praaksara telah mengenal teknik pembuatan logam dengan cara bivalve dan a cire perdue

b. Kapak lonjong memiliki fungsi yang sama dengan fungsi kapak persegi, yakni sebagai alat pertanian dan alat upacara

c. Bangunan megalitik mencakup antara lain, menhir dan sakofagus

d. Pada masa berburu dan mengumpulkan makanan manusia praaksara tinggal di goa – goa terbuka yang dekat dengan sumber air

e. Homo florensies yang dikenal juga dengan ‘hobbit’

12. Praaksara atau prasejarah merupakan masa ketika manusia belum mengenal tulisan. Kemudian kebudayaan masyarakat praaksara mengalami perkembangan dari masa ke masa. Corak kehidupan masyarakat praaksara dibagi berdasarkan kebudayaan dan kemampuannya. Corak kehidupan masyarakat prasejarah dari masa ke masa berlangsung dari yang paling sederhana hingga pembuatan alat-alat dari logam yang membutuhkan keahlian khusus. Praaksara atau Nirleka, atau prasejarah sendiri secara harafiah berarti sebelum (pra), dan tulisan (aksara).Masa praksara Indonesia berakhir ditandai dengan penemuan….

A.    Prasasi Pasir Awi

B.    Prasasti Kedukan Bukit

C.   Prasasti Parir Awi

D.   Prasasi Canggal

E.    Prasasti Yupa

13.  Bumi merupakan satu di antara planet yang ada di susunan tata surya. Berdasarkan pada buku Geografi Paket C "Bumi Tempat Kita Hidup", para ahli astronomi dan geologi menyatakan bahwa bumi telah terbentuk sekitar 4.500 juta tahun yang lalu. Terbentuknya bumi didasari atas penelaahan paleontologi dan stratigrafi. Saat awal terbentuk, bumi masih berupa bola pijar yang panas dengan suhu permukaan mencapai 4.000 derajat celcius. Sebab, perputaran serta adanya gas yang menyelubungi bumi, suhu panas tersebut menyebabkan terjadinya penguapan. Secara berangsur-angsur, bagian permukaan bumi mulai mendingin. Proses pendinginan akhirnya membuat bagian luar bumi membeku dan membentuk lapisan kerak bumi atau litosfer. Namun bagian dalam bumi hingga saat ini masih dalam keadaan panas serta berpijar. Selain membentuk kerak bumi, pendinginan massa bumi juga mengakibatkan penguapan yang sangat besar di angkas. Proses ini terjadi dalam waktu jutaan tahun hingga terjadi akumulasi uap serta gas dengan jumlah besar. Pada saat itulah mulai terbentuk atmosfer bumi. Baca selengkapnya di artikel "Bagaimana Proses Pembentukan Bumi dan Teori Terbentuknya Benua?", https://tirto.id/gbpD

 

Salah satu teori tentang terbentuknya bumi adalah teori “Dentuman  Bear (Bing Bang). Salagh satu tokoh ilmuwan Inggris yang berpendapat sama yaitu,

A.    Copernicus

B.    Srephen Hawking

C.    Einsten

D.   Herodotus

E.    Adam Smith

14.  Prof. Dr. N.J Krom berpendapat bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunan di Tiongkok. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya..

a. Kemiripan sejumlah kapak genggam asal Indonesia dari segi bentuk dan ukirannya dengan artefak yang ada di Yunan

b. Secara fisik, orang Indonesia memiliki kemiripan denga orang – orang di Yunan

c. Indonesia dan Yunan memiliki rumpun bahasa yang sama

d. Ditemukan sejumlah artefak yang berasal dari Indonesia di Yunan

e. Adanya bencana alam yang mendorong bangsas Yunan berimigrasi ke Indonesia

Di Indonesia yang memiliki banyak kebudayaan dan hasil-hasil kebudayaan adalah hasil dari perkembangan-perkembangan dari periode-periode sebelumnya, temuan yang menjadi tonggak awal penelitian praaksara di Indonesia adalah penemuan Pithecantropus Erectus yang ditemukan oleh Eugene Dubois pada tahun 1890 di Trinil, Di samping itu penemuan-penemuan artefak yang tersebar di kawasan Indonesia juga menambah keyakinan bahwa di periode sebelumnyaa ada manusia serta kebudayaannya.


Persebaran-persebaran manusia prakasara di Indonesia diyakini berasal dari Asia daratan yang turun ke wilayah Indonesia melalui kepulauan Sumatera, Jawa, dan Nusa Tenggara. Hal ini diyakini dengan adanya temuan-temuan kebudayaan logam yang berasal dari kebudayaan Dongson di Asia Daratan tepatnya di daerah Vietnam dan penemuan-penemuan lainnya seperti tembikar, perhiasan-perhiasan. Persebaran manusia praaksara mapun setelahnya cukup beragam, salah satunya persebaran yang ditemukan di jalur utara pantai Jawa Bali melalui bukti-bukti artefak yang diyakini oleh arkeolog merupakan hasil dari aktivitas pemukiman.

Salah satu hasil kebudayaan yang mengesankan masa praaksara ditemukan di daerah Pejeng Bali, yaitu

A.      Bukit kerang

B.      Kapak perimbas

C.      Nekara

D.      Kapak corong

E.       Kapak genggam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  SOAL PERSIAPAN UAS 2024 (1511124) 1.       Pada masa baik masa Sriwijaya, Kerajaan Palembang, Kesultanan Palembang   maupun masa kolonia...