NASKAH SOAL
Mata Pelajaran : SEJARAH
( IPS )
Kelas / Program : X
Tahun :
2025
Guru : Munira
PETUNJUK UMUM
1. Isilah identitas anda kedalam
lembar jawaban Evaluasi Belajar Semester Gazal sesuai dengan petunjuk.
2. Tersedia waktu 90 menit untuk mengerjakan paket soal
tersebut.
3. Jumlah soal sebanyak 25 butir,
pada setiap butir soal terdapat 5 (lima) pilihan jawaban.
4. Periksa dan bacalah soal-soal
sebelum anda menjawabnya
5. Laporkan kepada pengawas ujian
apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak atau tidak lengkap.
6.
Periksalah
pekerjaan anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian.
SELAMAT BEKERJA
PETUNJUK KHUSUS
A.
Pilihlah satu
jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C,
D, atau E pada lembar jawaban yang tersedia !
B.
Jawab dengan jelas dan benar
|
NO. |
SOAL |
|
1 |
Sejarah adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari segala
peristiwa atau kejadian penting yang telah terjadi pada masa yang telah
lampau dalam kehidupan manusia. Ada beberapa pengertian sejarah menurut
etimologi (ilmu yang mempelajari asal usul kata menurut bahasa suatu bahasa
suatu bangsa. Pengertian sejarah ada yang berasal dari bahasa Arab, Melayu,
Yunani, Belanda, Inggris, Jerman. Sejarah memiliki unsur-unsur penting dalam
setiap kajiannya yaitu manusia, ruang dan waktu. Manusia adalah pelaku dalam
peristiwa atau kejadian. Ruang adalah batasan tempat dimana peristiwa atau
kejadian tersebut berlangsung. Sedangkan waktu adalah yang menunjukkan kapan
peristiwa itu terjadi. Secara
etimologi sejarah berasal dari kata syajaratun yang berasal dari bahasa Arab
yang berarti .... A.
Pohon B.
Ranting C.
Cabang D.
Dahan E.
Akar |
|
2 |
Kata sejarah diambil dari syajarah (bahasa Arab) yang berarti pohon. Dalam bahasa Inggris history yang berasal dari Yunani historia yang berarti Penemuan (Inquiry),
wawancara(Interview), Pernyataan dari seorang saksi mata dan
juga laporan mengenai hasil-hasil tindakan. Thomas Carlyle (1841) menyatakan
Sejarah… A.
sejarah sebagai ‘riwayat hidup
orang-orang besar atau
pahlawan’ semata B.
sejarah merupakan semua kejadian atau peristiwa masa lalu. C.
sejarah merupakan kehidupan manusia yang mengalami perubahan yang
terjadi secara terus menerus. D.
sejarah adalah suatu ilmu
pengetahuan tentang kisah mengenai peristiwa-peristiwa yang benar-benar telah
terjadi. E.
sejarah merupakan pemahaman masa lalu yang mengandung berbagai
dinamika dan problematika manusia |
|
3 |
Dalam Sejarah terdapat beberapa konsep yang
penting , antara lain adalah Sejarah Sejarah sebagai peristiwa, Sejarah
sebagai kisah dan Sejarah sebagai ilmu. Sejarah sebagai kisah adalah… A.
suatu susunan pengetahuan tentang peristiwa dan cerita yang terjadi dalam masyarakat manusia pada
masa lampau yang disusun secara sistematis dan metodis berdasarkan asas- asas, prosedur dan metode B.
kejadian, kenyataan, aktualitas
yang sebenarnya telah terjadi atau berlangsung pada
waktu yang lalu C.
cerita berupa narasi yang disusun dari memori,
kesan
atau
tafsiran manusia terhadap
kejadian-kejadian
atau peristiwa yang
terjadi atau
berlangsung pada
waktu
yang lampau D.
penelitian
dan penyelidikan secara sistematis untuk dijadikan perbendaharaan dan pedoman
bagi penilaian. E.
kejadian
dengan membuat kembali peristiwa tersebut secara verbal |
|
4 |
Sejarah memiliki
hubungan erat dengan kehidupan manusia. Pernyataan tersebut berarti…. A. Manusia tidak dapat
hidup tanpa sejarah B. Sejarah menciptakan
kehidupan manusia C. Sejarah mempengaruhi
gerak aktivitas manusia D. Sejarah menceritakan
kisah kehidupan manusia E. Sejarah merupakan
kenangan masa lalu manusia |
|
5 |
Sejarah sebagai peristiwa ialah kejadian, kenyataan, aktualitas yang sebenarnya telah terjadi
atau berlangsung pada waktu yang lalu. “Proklamasi Kemerdekaan
Indonesia dilakukan oleh Soekarno-Hatta atas
nama bangsa Indonesia pada tanggal
17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta”, merupakan satu contoh dari peristiwa
Sejarah. Dan Sejarah sebagai peristiwa memiliki ciri-ciri : a.
Asli-
Unik b.
Abadi-Asli c.
Unik-Abadi d.
Asli-Indah e.
Indah-Penting |
|
6 |
Perhatikan
keterangan berikut! 1) Mempunyai metode 2) Berdasarkan fakta
3) Mempunyai
generalisasi 4) Bersifat empiris 5) Mempunyai ilmu
bantu. Ciri-ciri sejarah
sebagai ilmu memliki ciri sebagai berikut … a. 1), 2) dan 3) b. 1), 2) dan 4) c. 1), 3) dan 4) d. 2), 3) dan 5) e. 2), 4) dan 5 |
|
7 |
Sejarah
memiliki hubungan erat dengan kehidupan manusia. Pernyataan tersebut
berarti…. A.
Manusia
tidak dapat hidup tanpa sejarah B.
Sejarah
menciptakan kehidupan manusia C.
Sejarah
mempengaruhi gerak aktivitas manusia D.
Sejarah
merupakan kenangan masa lalu manusia E.
Sejarah
menceritakan kisah kehidupan manusia |
|
8 |
RUMUSAN BUTIR
SOAL Menjelang Presiden Soekarno jatuh dari kekuasaannya
pada tahun 1960-an banyak terjadi aksi dan demonstrasi, khususnya yang
dilakukan oleh para mahasiswa. Demikian halnya menjelang Presiden Soeharto
jatuh dari kekuasaannya pada 1998, juga banyak terjadi aksi dan demonstrasi.
Peristiwa tersebut dalam kehidupan manusia termasuk dalam perubahan sebagai
.... A.
Perkembangan B.
Kesinambungan C.
Pengulangan D.
Keberlanjutan E.
Perubahan |
|
9 |
Peristiwa sejarah
adalah peristiwa yang terjadi pada masa lalu yang tidak akan terulang. Oleh
karena itu dalam melakukan penelitian sejarah seorang sejarawan disamping
memerlukan sumber-sumber yang dapat kredibel juga memerlukan imajinasi. Hal
tersebut dilakukan agar sejarawan dapat .... A.
menyatukan
dirinya dengan obyeknya B.
merangkai fantasinya menjadi cerita C.
memiliki
simpati terhadap sejarah D.
menulis
sejarag berdasarkan insting E.
membayangkan
apa yang sebenarnya terjadi |
|
10 |
Waktu adalah seluruh rangkaian
ketika proses, perbuatan,
atau keadaan berada
atau berlangsung (KBBI Online). Dalam sejarah, unsur waktu merupakan unsur sangat penting. Sebab mempelajari sejarah bukanlah mempelajari sesuatu yang berhenti melainkan mempelajari sesuatu
yang terus bergerak seiring dengan perjalanan waktu. Setiap
peristiwa sejarah berada pada kurun waktu tertentu yang memiliki latar belakang kurun waktu sebelumnya. Konsep waktu
dalam sejarah, menurut Kuntowijoyo mencakup
empat hal, yaitu, a. perkembangan, kesenjangan, pengulangan, dan perubahan b. perkembangan, kesinambungan, tidak
pengulangan , dan perubahan c. perkembangan, kesenjangan, tidak pengulangan, dan perubahan d. perkembangan, kesinambungan, pengulangan, dan perubahan e. perkembangan, kesinambungan, pengulangan, dan tidak perubahan |

Tidak ada komentar:
Posting Komentar