Sabtu, 08 November 2025

PENELITIAN SEJARAH

 LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN SEJARAH


Matahari pagi yang bersinar di ufuk timur mengantar langkah-langkah para pejuang penuntut ilmu menuju gerbang sekolah mereka dengan perasaan bahagia ditemani tas yang terpanggung dipunggung-punggung kekar para siswa,

Mereka melangkah menuju kelas mereka masing-masing dengan senyum dan mata yang memancarkan semangat belajar.

Suasana kelas yang penuh keakraban membawa suasana hati penuh kegembiraan. Setelah bel masuk berbunyi membawa suasana penuh keharuan dengan suara pengajian pagi.

 

Setelah kegiataan mengaji bersama para siswa siap menerima pembelajaran pagi dengan perasaan yang senang dan bahagia karena mereka akan belajar sejarah. Pembelajaran sejarah hari ini yaitu tentang LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN SEJARAH sesuai apa yang diberitahukan oleh guru sejarah pekan lalu.

 

Penelitian sejarah adalah proses mengkaji secara sistematis suatu peristiwa masa lalu dalam rangkah mendapatkan pengetahuan dan pemahaman mendalam serta makna dari peristiwa itu.

Suasana kelas yang cukup ramai ada diantara siswi yang ingin menulis di papan tulis tentang langkah-langkah peneletian sejarah setelah diberi kesempatan oleh ibu guru. Dan siswi putri tersebut menuliskan langkah-langkah penelitian sejarah tahap kedua setelah pemilihan topik. Ibu guru serta teman-teman siswi tersebut bertepuk tangan gembira atas keberhasilan siswi tersebut.

Suasana kelas yang tenang saat guru di kelas mulai menyampaikan materi pembelajaran sejarah tentang langkah-langkah penelitian sejarah. Para siswa menyimak dengan semangat dan suasana bahagia. Hal ini terlihat dari wajah-wajah para siswa.

Ibu guru menjelaskan langkah-langkah penelitian sejarah yang terdiri dari lima langkah. Dan ibu guru juga menjelaskan bahwa materi kegiatan hari ini tentang langkah-langkah penelitian sejarah bagian kedua yaitu Heuristik (Pengumpulan data).

Siswa menerima pembelajaran dengan senang hati sehingga apa yang disampaikan ibu guru bisa mereka pahami. Hal ini akan membantu para siswa untuk menulis sejarah dengan metode sejarah yang baik dan benar.

Heuristik

Ibu guru menjelaskah apa yang dimaksud dengan heuristik. Dan menuliskannya di papan tulis. Suasana kelas semakin ramai dengan semangat siswa memahami apa yang dijelaskan oleh ibu guru bahkan mereka berani untuk mengajukan diri. Siswa maju ke depan kelas dan menuliskan apa yang telah ditemukannya dalam heuristik berdasarkan sumber data dan data sekunder.

Para siswa asyik berdiskusi tentang sumber-sumber data primer dan dan sekunder . Mereka juga mengklasifikasi yang mana sumber data sekunder dan data sekunder.

Kegiatan ini dilakukan agar mereka mampu menulis dengan baik yang diperkuat dengan data-data yang sudah mereka dapatkan.

Para siswa kemudian melanjukan kegiatan pembelajaran dengan berkelompok untuk menyelesaikan tugas kelompok yang diberkan ibu guru.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PRAX (2) 2025

 LATIHAN SOAL NO SOAL 1   Pembelajaran sejarah kelas X berkaitan dengan materi penelitian sej...