LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN SEJARAH
Matahari pagi yang bersinar di ufuk timur mengantar langkah-langkah para pejuang penuntut ilmu menuju gerbang sekolah mereka dengan perasaan bahagia ditemani tas yang terpanggung dipunggung-punggung kekar para siswa,
Mereka melangkah menuju kelas
mereka masing-masing dengan senyum dan mata yang memancarkan semangat belajar.
Suasana kelas yang penuh
keakraban membawa suasana hati penuh kegembiraan. Setelah bel masuk berbunyi
membawa suasana penuh keharuan dengan suara pengajian pagi.
Setelah kegiataan mengaji bersama
para siswa siap menerima pembelajaran pagi dengan perasaan yang senang dan
bahagia karena mereka akan belajar sejarah. Pembelajaran sejarah hari ini yaitu
tentang LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN SEJARAH sesuai apa yang diberitahukan oleh
guru sejarah pekan lalu.
Penelitian sejarah adalah proses
mengkaji secara sistematis suatu peristiwa masa lalu dalam rangkah mendapatkan
pengetahuan dan pemahaman mendalam serta makna dari peristiwa itu.
Suasana kelas yang cukup ramai
ada diantara siswi yang ingin menulis di papan tulis tentang langkah-langkah
peneletian sejarah setelah diberi kesempatan oleh ibu guru. Dan siswi putri
tersebut menuliskan langkah-langkah penelitian sejarah tahap kedua setelah
pemilihan topik. Ibu guru serta teman-teman siswi tersebut bertepuk tangan
gembira atas keberhasilan siswi tersebut.
Suasana kelas yang tenang saat
guru di kelas mulai menyampaikan materi pembelajaran sejarah tentang
langkah-langkah penelitian sejarah. Para siswa menyimak dengan semangat dan
suasana bahagia. Hal ini terlihat dari wajah-wajah para siswa.
Ibu guru menjelaskan
langkah-langkah penelitian sejarah yang terdiri dari lima langkah. Dan ibu guru
juga menjelaskan bahwa materi kegiatan hari ini tentang langkah-langkah
penelitian sejarah bagian kedua yaitu Heuristik (Pengumpulan data).
Siswa menerima pembelajaran
dengan senang hati sehingga apa yang disampaikan ibu guru bisa mereka pahami.
Hal ini akan membantu para siswa untuk menulis sejarah dengan metode sejarah
yang baik dan benar.
Heuristik
Ibu guru menjelaskah apa yang
dimaksud dengan heuristik. Dan menuliskannya di papan tulis. Suasana kelas
semakin ramai dengan semangat siswa memahami apa yang dijelaskan oleh ibu guru
bahkan mereka berani untuk mengajukan diri. Siswa maju ke depan kelas dan
menuliskan apa yang telah ditemukannya dalam heuristik berdasarkan sumber data
dan data sekunder.
Para siswa asyik berdiskusi
tentang sumber-sumber data primer dan dan sekunder . Mereka juga
mengklasifikasi yang mana sumber data sekunder dan data sekunder.
Kegiatan ini dilakukan agar
mereka mampu menulis dengan baik yang diperkuat dengan data-data yang sudah
mereka dapatkan.
Para siswa kemudian melanjukan
kegiatan pembelajaran dengan berkelompok untuk menyelesaikan tugas kelompok
yang diberkan ibu guru.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar