Minggu, 19 April 2020

PIAGAM PBB DAN PENGARUHNYA BAGI KEMERDEKAAN INDONESIA (2)


1.      Isi Piagam PBB
Kutipan ISi  Piagam PBB
“.......Kami kan meneguhkan keyakinan akan dasar-dasar hak manusia sebagai manusia sesuai dengan harkat dan derajatmanusai berdasarkan atas hak-hak yang sama ..., serta berusaha memajukan rakyat dan tingkat kehidupan yang lebih naik dalam suasana kemerdekaan yang lebih luas.”
Piagam PBB merupakan alndasan kegiatan PBBuntuk menjaga perdamaian dunia. PBB ditandatangani oleh 50 negara pertama sebagai anggota PBB. Piagam PBB terdiri dari dua bagian.  Pertama bagian beserta point-poinnya. Kedua, isinya piagam PBB yang dibagi menjadi beberapa bab dan pasal. Isi piagam PBB membuat tujuan organisasi PBB. Dalam Pasal 1 ayat (3) mencatumkan bahwa salah satu tujuan PBB adalah menggalakkan dan mendorong penghormatan terhadap hak asasi manusia  dan kebebasan asasi bagi semua orang tanpa membedakan jenis kelamin, ras, bahasa, atau agama.

2.      Keanggotaan PBB  
Anggota PBB ada yang mempunyai hak istimewa atau disebut dengan Hak Veto dalam dewan keamanan PBB. Hak veto dimiliki oleh Negara-negara Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Rusia dan China. Hak Veto ini dikeluhkan oleh anggota PBB sehingga adanya keinginan untuk menghapus HAk Veto tersebut. Indonesia juga mendukung inisiatif untuk membatasi penggunaan hak veto, misalnya, dengan tidak menggunakan hak veto untuk situasi yang secara jelas termasuk kejahatan kemanusiaan dan situasi humaniter. Indonesia Masuk PBB pada tanggal 28 September 1950 sbagai anggota yang ke-60. Dan Indoensia pernak keluar dari keanggotaan PBB pada tanggal 7 Januari 1960 dan masuk kembali tanggal 28 September 1966 sebagai anggota PBB kembali.
3.      Pengaruh Piagam PBB bagi Kemerdekaan Indonesia
“bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri kemanusian dan peri keadilan”
Nilai –nilai PBB jugantermuat dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 . oleh karena itu dalam UUD 1945ntermuat dasar dan motivasi perjuangan kemerdekaan Indonesia. Bangsa Indonesia juga menunjukkan penentuan nasib sendiri. Dalam Piagam PBB diungkapkan tentang perdamaian dunia, dan bangsa Indonesia menjadikan perdamaian dunia menjadi yujuan bangsa Indonesia. Hakl ini dituangkan dalam Pembukaan UUD 1945. Dan bukti nyata peranan Bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia dengan mengirimkan pasukan Garuda dibawah PBB untuk menjaga perdamaian dunia.
Piagam PBB mengajak setiap bangsa untuk menghargai hak asasi manusia. Indonesia mewujudkannya dalam sila-sila Pancasila. Sila Pancasila tersbut yaitu Sila Pertama dan Sila kedua. Bangsa Indonesia tidak memaksakan tentang keinginan rakyat Indoensia dalam memilih agamanya. Dan jaminan tentang pemeluk agama dituliskan dalam UUD 1945 pasal 28.  

__________
Dari berbagai sumber 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kerajaan Cirebon